21 Hari Mencari Jodoh 486x60
Paket Minyak Cinta 728x90

Wednesday, January 30, 2013

5 Negara ini tergantung dengan Gas Indonesia

Indonesia sebagai produsen gas terbesar di Asia Tenggara selama ini telah memasok produksinya ke beberapa negara. Baik itu melalui gas alam cair maupun gas pipa.
Produksi gas yang mencapai 8.800 juta kaki kubik per hari (mmscfd) kenyataannya tidak bisa diserap oleh pasar domestik. Hal tersebut seiring dengan infrastruktur yang minim pada saat Tanah Air memproduksi gas dengan besar-besaran pada tahun 1990-an. Hal tersebut memaksa pemerintah untuk menjual gas tersebut ke luar negeri.
Seiring dengan membaiknya infrastruktur di dalam negeri, pengiriman gas alam cair (LNG) ke luar negeri semakin berkurang. Tahun ini, pengiriman LNG hanya akan mencapai 297 kargo dengan volume per kargo antara 180.000 mmscfd hingga 200.000 mmscfd. Bandingkan saja dengan data ekspor LNG tahun 2010 yang mencapai 427 kargo.
Saat ini, Indonesia mempunyai tiga kilang gas alam cair yang masih aktif, yaitu Arun di Aceh, Bontang di Kalimantan Timur dan Tangguh di Papua.
Lalu, mana saja negara yang menikmati gas impor dari Indonesia?

1. Jepang

Jepang adalah pelanggan paling besar untuk impor LNG dari Indonesia. Hal tersebut bisa dimaklumi jika mengingat Jepang adalah negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China.
Dengan konsumsi yang sangat tinggi, Jepang hanya bisa memproduksi gas yang sangat kecil yaitu 3.343 juta kubik meter (million cubic meter/mcm) di tahun 2010. PAdahal kebutuhannya mencapai 105.284 juta mcm. Hal tersebut bisa diartikan bahwa 93,29 persen pasokan gas Jepang adalah dari impor.
Dari Indonesia sendiri, jumlah LNG yang dikirim mencapai 258 kargo atau 60 persen dari total ekspor di tahun 2010. Pada saat pemerintah harus memenuhi kebutuhan domestik, pemerintah harus melobi secara maksimal agar negara Matahari Terbit tersebut mau mengurangi pembelian gasnya.
 
 

2. Korea Selatan

Korea adalah konsumen terbesar kedua Indonesia. Korea Selatan adalah konsumen gas terbesar kesepuluh di seluruh dunia. Korea saat ini mengimpor LNG dari Qatar, Malaysia, Oman dan Indonesia.
Pada tahun 2010, ekspor LNG ke Korea Selatan mencapai 85 kargo. Angka tersebut berkurang seiring dengan adanya alokasi gas ke domestik. Pada tahun 2011 pasokan LNG untuk Korea turun menjadi 68 kargo.
 
 

3. Taiwan

Lebih besar dari Korea Selatan, Taiwan adalah importir gas terbesar keenam di seluruh dunia. Setidaknya 98 persen persediaan gas berasal dari impor.
Kebutuhan gas tersebut antara lain digunakan untuk pembangkit listrik 60 persen, industri 7 persen dan kebutuhan rumah tangga 11 persen.
Pembelian LNG dari Indonesia tercatat stagnan 32 kargo selama tahun 2010 hingga 2011 lalu.
 
 

4. China

Meskipun China juga mempunyai potensi gas yang luar biasa di sepanjang lautnya, namun negara tersebut masih saja mengimpor gas dari negara lain. Hal tersebut seiring dengan kebutuhan yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi.
Di tahun 2010 lalu, China sanggup memenuhi kebutuhan gas melalui produksi domestik sebesar 90 persen. China diketahui telah mengimpor LNG dari Australia, Qatar dan Indonesia.
Pasokan gas untuk China tahun 2011 lalu mencapai 35 kargo dari kilang Tangguh. Pasokan gas dari China ini juga menimbulkan masalah karena harganya terlalu rendah.
 
 

5. Singapura

Negara yang dekat dengan Riau ini menjadi konsumen ekspor gas melalui pipa dari Indonesia. Setiap hari, 790 mmscfd gas mengalir ke negara Singa itu.
Pasokan gas tersebut berasal dari beberapa lapangan gas di Sumatera. Infrastruktur yang digunakan adalah pipa karena terhitung dekat dengan sumbernya.
 
 
http://www.merdeka.com/uang/lima-negara-yang-tergantung-dengan-produksi-gas-indonesia/singapura.html
 
 
 
 
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment