21 Hari Mencari Jodoh 486x60
Paket Minyak Cinta 728x90

Monday, June 8, 2015

Pernikahan Anak Jokowi Tanpa Iringan Berkuda

Menjelang pernikahan putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming, persiapan menjelang hari membahagiakan tersebut sudah memasuki tahap akhir.

"Ini rapat internal terakhir, sudah dibahas lay out, desain, dan semua yang dibutuhkan, termasuk tugas masing-masing," kata Gibran ketika ditemui di kawasan Jalan Letjen Suprapto, Solo, Minggu (7/6).

Gibran ditemani sang calon istri, Selvi Ananda, menemui 150 kerabat dekat yang direkrut untuk menjadi panitia keluarga. Sejauh ini seluruh konsep dan persiapan telah rampung dibahas.

Acara pernikahan yang direncanakan akan dilangsungkan pada 9 - 11 Juni mendatang akan menggunakan adat Jawa dalam keseluruhan rangkaian prosesi pernikahan keduanya. Mulai dari prosesi sebelum akad, seperti midodareni, desain dan dekorasi pelaminan, hingga makanan yang akan disediakan.

"Semuanya mengikuti adat Jawa, biasa saja, mengikuti pakem," kata Gibran singkat. "Semua sudah siap, tinggal tunggu hari H," timpal Selvi.


Saat pernikahan pun, Gibran mengungkapkan saat prosesi pernikahan nanti, ia dan Selvi akan berjalan kaki mengikuti prosesi saat lamaran atau tembungan yang juga dilakukan dengan berjalan kaki karena jarak yang dekat.

"Yang naik kuda mungkin satu, saya jalan," kata Gibran ekspresi wajah datar.

Keterlibatan seluruh keluarga dari Presiden Jokowi tampak dari ikutnya sang paman orang Nomor Satu RI tersebut dalam kepanitiaan pernikahan Gibran dan Selvi. Setiawan Prasetyo, sang paman pun menyatakan hal senada dengan Gibran.

Prosesi inti akan dimulai pada tanggal 9 Juni 2015 malam berupa tembungan atau lamaran.

Rangkaian proses selanjutnya adalah pada tanggal 10 Juni 2015. Di pagi hari, akan ada acara siraman yang dilakukan di rumah kedua mempelai, sebagai simbol kesiapan melepas masa lajang bagi kedua mempelai.

Pada midodareni, calon pengantin perempuan akan mulai dirias dengan riasan khas Jawa dengan tujuan agar mendatangkan bidadari kepada sang mempelai perempuan.

"Ijab qabul sendiri akan dilakukan pukul 9 pagi pada 11 Juni," kata Setiawan.

Setelah akad nikah, mulai pukul 10 pagi hingga satu siang, akan dibuka bagi para tamu dari masyarakat yang ingin hadir dan memberi ucapan kepada kedua mempelai. Lalu dilanjutkan di sesi malam, untuk kalangan undangan khusus hingga pukul 21.00 WIB.

Setiawan Prasetyo didampingi GIbran Rakabuming anak Presiden Jokowi saat memberikan keterangan tentang rencana prosesi pernikaahan Gibran, Minggu (7/6). (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)


Presiden Jokowi sendiri sudah berada di Solo untuk ikut memonitor persiapan pernikahan anaknya itu. Di pagi hari tadi, Jokowi sempat mengikuti acara Car Free Day di kota Solo. Setelah memonitor dan ikut rapat internal keluarga, Jokowi direncanakan akan kembali ke Jakarta malam ini.

Di Solo sendiri, terutama di kawasan Graha Saba Buana Letjen Suprapto, masih sempat digunakan oleh masyarakat umum dan belum ada sterilisasi dari pihak pengamanan presiden. Sterilisasi diperkirakan akan dimulai mendekati hari-H.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment